YUK, KENALI TB

TB atau Tuberkulosis adalah salah satu penyakit infeksi yang deisebabkan oleh bakteri micro tuberculosis yang dapat menular melalui percikan dahak. TB bukan penyakit keturunan, dan dapat disembuhkan dengan mengobatan  teratur.

Gejala awal penyakit TB tidak spesifik, umumnya batuk berdahak, sesak nafas dan nyeri dada, badan lemas, nafsu makan berkurang, demam meriang berkepanjangan, berat daban menurun dan berkeringat di malam hari tanpa sebab.

Nah, bila ada salah satu gejala diatas jangan ragu untuk segera periksa di fasilitas pelayanan kesehatan/ puskesmas terdekat.

Untuk mengetahui seseorang sakit TB harus dilakukan pemeriksaan dahak terlebih dahulu. Jika hasilnya positif, maka diberi pengobatan selama minimal 6 bulan.  Selama proses pengobatan, lakukan pemeriksaan rutin ke fasyankes/Puskesmas. 

Apa yang terjadi, jika berhenti minum obat sebelum waktunya?

  • TB tidak dapat sembuh dan dapat menular ke orang lain.
  • Kuman TB dalam tubuh menjadi kebal terhadap obat, sehingga pengobatan lebih lama.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan TB?

  1. Tutup mulut menggunakan masker. Gunakan masker untuk menutup mulut kapan saja. Jangan lupa untuk membuang masker secara teratur.
  2. Tidak boleh meludah sembarangan. Hendaknya meludah pada tempat tertentu yang sudah diberikan desinfektsn (air sabun).
  3. Makan makanan bergizi. Upayakan makan makanan tinggi protein.
  4. Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehatn (PHBS). seperti selalu mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, ventilasi dan pencahayaan rumah cukup, melakukan aktifitas fisik dan  tidak merokok